Senin, 09 Desember 2013

Kenapa Paulo Coelho Selalu Pakai Kaos Hitam?

Saya penasaran dengan gaya berpakaian Paulo Coelho yang selalu memakai kaos hitam di setiap kesempatan. Mirip dengan Steve Jobs dengan kaos turtle neck hitamnya.

Dalam sebuah tulisan, ia mengaku memiliki banyak kaos warna hitam dan hanya itu yang dipakainya ke mana pun bepergian.
Sebuah buku wawancaranya bersama Juan Arias sedang saya baca. Judulnya Paulo Coelho: Obrolan dengan Sang Penziarah.
Buku ini mengungkap sisi kehidupan penulis dengan jutaan follower Twitter secara apa adanya.
Salah satu sisi yang menarik bagi saya adalah soal gaya hidupnya yang minimalis.
Buku ini aslinya terbitan 1999. Artinya Coelho sudah sejak lama mempraktekkan gaya hidup minimalis. Jauh sebelum Leo Babauta.
Berikut ini beberapa kutipannya:
“Aku ingat pada zaman hippies di rumah kami berjejal macam-macam: poster, kaset, buku, tetek bengek segala macam. Tak ada ruang kosong. Sekarang kubebaskan diriku dari semua itu. Seperti bisa kaulihat, rumahku besar sekali tapi kosong. Aku cuma menyimpan beberapa benda simbolik. Bahkan buku-bukuku pun tersembunyi, karena aku tidak suka memamerkan apa yang sedang atau baru kubaca.”
“Aku, sesungguhnya, sekarang berusaha menyederhanakan hidup sampai semaksimal mungkin, hanya pada yang hakiki. Termasuk saat bepergian aku cuma membawa yang penting-penting saja, sehingga aku merasa enteng dan bebas.”
“Karena sering bepergian, sedikit demi sedikit aku temukan betapa sederhananya hidup itu dan betapa sedikit yang kita butuhkan untuk hidup senang.”
“Tak ada orang yang bisa merasa penuh kalau mereka tak lebih dulu mampu mengosongkan diri dari dalam.”

Tidak ada komentar: