Rabu, 02 November 2011

Berinvestasi

ada adekku yang minta pendapat soal investasi, lebih rekomendet mana invest di logam mulia  (mungkin maksudnya emas) ato di reksadana. aku bilang tergantung ekspektasi return dan resiko yang siap diterima dari produk investasi tersebut. Reksadana cukup menarik, tetapi sempat menjadi momok karena beberapa tahun yang lalu sempat mengalami "musibah" dengan adanya redemption besar-besaran karena nilai investasinya menurun. tapi sekarang reksadana sudah cukup aman dengan adanya produk seperti reksadan terproteksi, yang cukup menjamin keamanan dana nasabah, dengan return yang cukup moderat tapi lumayan lah ketimbang bunga tabungan ato deposito.

sedangkan berinvestasi di logam mulia = emas, adalah investasi yang sangat menarik, karena tidak di pengaruhi fluktulasi nilai mata uang, emas sendiri sebenarnya pernah menjadi standar mata uang, dan tidak terpengaruh fluktulasi pasar valuta, seperti yang terjadi sekarang ini dengan mata uang nilai mengambang, sangat rentan terhadap krisis ekonomi global.

jadi reksadana ato logam mulia = emas?? terserah pengetahuan anda terhadap produk investasi tersebut, ekspektasi return dan resiko yang diterima. selamat berinestasi.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya pilih emas saja

gpeluw mengatakan...

boleh..:)